CAPAIAN PEMBELAJARAN

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL) SESUAI KKNI

No CPL-Prodi
SIKAP (S)
S1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
S2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika
S3 Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri
S4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S6 mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
S7 taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S8 menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
S9 menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S10 menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
PENGETAHUAN(P)
P1 Manajemen bisnis minimal meliputi fungsi manajemen, ekonomi makro dan mikro, dasar-dasar  fungsi organisasi.
P2 Konsep teoritis pemasaran minimal meliputi segmentasi, targeting, positioning, perilaku konsumen, produk, harga, distribusi, promosi, personel, bukti fisik dan proses.
P3 konsep teoritis pemasaran jasa minimal meliputi:  karakteristik jasa, kualitas jasa, pelayanan, penanganan keluhan, loyalitas pelanggan, dan membina hubungan dengan konsumen.
P4 Konsep teoritis penjualan tatap muka pengetahuan produk, merencanakan kegiatan, pendekatan dengan konsumen presentasi, negosiasi,  menutup penjualan dan pelayanan purna penjualan.
P5 Konsep teoritis komunikasi ide bisnis dalam melakukan komunikasi perusahaan kepada perusahaan, perusahaan kepada konsumen, konsumen kepada perusahaan dan konsumen kepada konsumen.
P6 Konsep teoritis komunikasi pemasaran mengkomunikasikan produk maupun jasa kepada pasar berkaitan dengan periklanan, pemasaran langsung, humas, promosi penjualan, perhelatan (event) dan penjualan tatap muka.
P7 Konsep teoritis supervisi penjualan dan pelayanan dalam mengelola suatu tim, melakukan pengawasan, melaksanakan distribusi tugas, memotivasi dan evaluasi.
P8 Konsep teoritis supervisi penjualan dan pelayanan dalam mengelola suatu tim, melakukan pengawasan, melaksanakan distribusi tugas, memotivasi dan evaluasi.
P9 Pengetahuan pemasaran global dan e-commerce.
P10 Kewirausahaan minimal meliputi cara memulai usaha, mengelola sumberdaya manusia, mengoperasionalkan produksi, perencanaan keuangan, perencanaan pemasaran dan prosedur operasional standar.
P11 Akuntansi minimal penyusunan anggaran dan pelaporan keuangan sederhana.
P12 Statistika deskriptif minimal meliputi mengumpulkan, mengolah, menyajikan data (Tabulasi, Grafik/diagram) dan menginterpretasikan data untuk mendukung penjualan.
KETERAMPILAN UMUM (KU)
KU1 Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3 Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
KU4 Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU5 Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7 Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KU10 Mampu mengkombinasikan kompetensi teknikal dan keahlian profesional untuk menyelesaikan penugasan kerja
KU11 Mampu mempresentasikan informasi dan mengemukakan ide dengan jelas, baik secara lisan maupun tertulis, kepada pemangku kepentingan
KETERAMPILAN KHUSUS (KK)
KK1 Mampu melakukan bauran pemasaran sehingga dapat menghasilkan pembelian sesuai dengan harapan konsumen.
KK2 Mampu melakukan identifikasi perilaku pasar dengan cara memetakan perilaku konsumen dari data lapangan, data instansi pemerintah, data perusahaan swasta dan informasi lainnya yang akan digunakan untuk menetapkan target pasar sehingga sesuai dengan selera pasar.
KK3 Mampu melakukan komunikasi bisnis melalui tatap muka dan telepon serta korespondensi melalui surat konvensional dan surat elektronik antara perusahaan dengan perusahaan, perusahaan dengan konsumen, konsumen dengan perusahaan, dan konsumen dengan konsumen sehingga terjadi transaksi bisnis yang saling menguntungkan.
KK4 Mampu melakukan penjualan melalui tatap muka, melalui telepon dan melalui aplikasi on line via internet dengan menggunakan metoda AIDA (Awareness, Interest, Desire, Action) dan SPIN (Situation, Implication, Problem, and Need Payoff) sehingga mampu  menghubungkan manfaat produk dan jasa dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.
KK5 Mampu melakukan pelayanan prima dan menangani keluhan konsumen secara langsung (tatapmuka), melalui telepon, dan melalui aplikasi online via internet sehingga dapat membangun loyalitas pelanggan.
KK6 Mampu membuat rencana bisnis dengan menggunakan metode peta bisnis, prosedur operasional standar bisnis, dan perencanaan keuangan.
KK7 Mampu melaksanakan supervisi penjualan dan pelayanan dengan cara pengawasan, pengorganisasian dan pendelegasian tugas, memotivasi dan pembimbingan sehingga terbentuk tim kerja yang dapat bekerja dengan produktivitas tinggi.
KK8 Mampu melaksanakan supervisi penjualan dan pelayanan dengan cara pengawasan, pengorganisasian dan pendelegasian tugas, memotivasi dan pembimbingan sehingga terbentuk tim kerja yang dapat bekerja dengan produktivitas tinggi.
KK9 Mengidentifikasi data pelanggan  dan membina hubungan sehingga mampu menjaga loyalitas.
KK10 Mampu secara mandiri mengoperasikan dan memanfaatkan piranti lunak dalam Rangka penyusunan laporan pembelian dan penjualan.